Amar Riky

Selasa, 14 Agustus 2012

Makna Cinta dalam Puisi



sebuah makna puisi memang begitu indah..enta itu puisi cinta atupun puisi kehidupan nyata.Aku memang pengagum cinta dan aku memeng pengagum puisi..akan tetapi puisi itu takan seindah kehidupan nyata jikalu engkau tak punya golok batin untuk perang di kehidupan ini,karena kehidupan ini adalah perang,tak bisa disamahkan,tak bisa di buat gampang dan mudah seperti keindahan arti dari sebuah puisi.Agamaku..agama islam..dan kitabku,kitab al-qur’an,di situ ada kehidupan nyata dan tidak nyata,di situ ada hidup dan mati,di situ ada yang terlihat dan yang terlihat,dan di situ ada kunci dari segala macam masalah kehidupan sebelum nyata dan kehidupan sesudah nyata…………continue

Seperti yang di katakan oleh syeh siti jenar..bahwa hidup adalah kematian, kita di sini adalah mayat..dan kehidupan yang sebenarnya adalah nanti di saat kita kekal di surga ataupun neraka. Tapi..apakah kita akan memilih neraka untuk kehudupan kekal kita nanti..nggak!,..tentunya siapapun pasti akan memili surga untuk kehidupan kekal kita nanti.akan tetepi,..bisakah kita akan menujuh kesana?,..itulah pertanyaanya.

cinta..oh cinta..
bisakah engkau membawaku menujuh surga???
ya, asalkan engkau mencintai wanita solehah,
ya, asalkan engkau mencintai Allah dan KitabNya
ya, asalkan engkau mencintai Rasul Allah dan sunahNya

kupatahkan satu dari dua hati yang mengepungku
aku merasa bersalah padanya
akupun masih merindukannya
namun aku tak mungkin lagi dengannya

dua hati yang sama sama lembut dan tak bercelah
aku bagaikan diantara dua pangeran bijaksana
tak bercelah dan tak bisa kuhapus keduanya dari ingatanku….

walau sekarang aku bersama salah satu dari mereka
tahukah hati ini sebagian masih hanyut bersama yang lain
salah atau tidak…..aku sungguh tak kuasa menjelaskan

andaikan ini hanya permainan
kuingin bahagiakan keduanya
bersanding dengan keduanya
dan takkan kecewakan keduanya

andaikan diriku bisa terbagi
kurela memberikan sebagian untuknya
dan sebagian lagi untuk yang lain
aku tak kuasa tegarkan hati

bahwa kuharus bersama dengannya
sedangkan yang lain telah terluka
dan sangat terluka
dan masih tegar menunggu kapankah takdirnya bersamaku

aku sungguh hampir gila menghadapi kenyataan
bahwa dia bersamaku
dan yang lain masih tetap menugguku…..
semoga Tuhan berikanku kata “ya”
bagi dia yang telah bersamaku
Amin…

alangkah senangnya aku mulai membaca…bait demi bait puisi itu
bukankah karya dari suka duka itu puisi…
meleleh….terus meleleh…
tapi bukan air mata….
bukan keringat…
bukan air….
tapi….
kata…yang satu demi satu menyatu,
menjadi satu…
hingga lusuh tetap menyatu….
menjadi sebuah puisi
untuk menulis saja aku butuh waktu…
berhari…hari…
berbulan bulan…
bertahun tahun….
tapi aku tahu….karena hanya aku yang tahu kapan tulisan ku akan selesai…
akhirnya dalam hitungan menit …
aku yang keras dapat juga…lahirkan sebuah karya
yang menurut pribadiku….?

cinta untuk dinikmati….dirasakan…
bila ada yang sakit karena cinta….
jangan kau salahkan cinta…
mungkin ego kita yang tidak mau menerima cinta apa adanya…
cinta tak berbentuk…hidup kita yang menyatakannya.
sentuh dia, belai dia…maka cinta akan merengkuh kita dalam keindahan.

sekotah kisi bersemayam di hati.
hampa ku di sini tak ada duli. melenggok sesekali melirik dan berkedip menebak ilusi, penuh asa..
masa lalu kini bisu, dulu lentik jemarimu menjelma pelangi,
meleambai rinai, seprti kerlip mata kekasih.
menjelma telaga, ketika dahaku tak terkira.
hiruk kelam telah berubah. bunga berganti buah. dan aku tak ingin jadi sampah. seperti daun yang terayun untuk kemudian terjun melambai lembut ke ubun ..
aku mengerti indungnya cinta .
biarkan aku merambat menghapus sisa jejak sang pongah dengan getah purba.
aku hanya berusaha sesabar kura-kura.
menunggu basah turun ketanah sembari menemani biji-biji yang lelah tak berdaya..

Dulu kau sangat berarti bagiku ..
dulu kau selalu ada di dalam mimpi ku..
yang slalu ku kenang tanpa tiada tara..
Tapi kini kau hanya kenangan terindah ku..
yang slalu tersimpan di hati, kau takkan ku lupa
walau kau telah menyakiti hati ku..
Mantan Kekasihku..


Aku hidup,,tapii aku kehilangan semua kendalii,,
sebab semua iiang kita laluii,, dan segala sesuatuu
ttg dri,mu sepertii kbohongan.. Ituu ngbuat aku untuk membencii drimuu,,
atw Membencii drikuu sndrii,, karnaa mmbiarkant Muu berlalu,,, apaa haruuss,, ucapkan Selamat tinggal? (apakah Lebih baik dngan caraa nii?)

ketika kau tertawa,
dan ingin dunia bersamamu,
ia akan bersamamu…
namun, pernahkah kau berfikir
bahwa saat kau menangis dan menginginkan dunia tetap bersamamu
sadrkah kau bahwa ia meninggalkanmu dalam sedih dan duka sendiri?
ketika kau merasa menang
dan seolah dunia ada dalam genggamanmu…
pernahkah kau berfikir
bahwa suatu ketika kau pasti akan merasakan sesuatu yang tak menyenangkan bernama “KALAH”??

seminggu sudah cintaku berlalu, Meninggalkan satu kenagnan, sejuta makna… Di hati penuh balutan luka.. Yang kau tinggalkan sbagai kenangan.. Tiadalah daya ku melupakanya, Meski ku tau kau tlah berdua.. Dibalik tirai-tirai cinta itu.. Masih ada rasa tak menentu… jujur ku masih merindu kan mu… dan pintu hati ku pun masih terbuka.. untuk mu yg ku cinta …

Jika aku mencintaimu, tak perlu terlalu banyak kata untuk menyatakan perasaanku, karena kurasa kau kan tahu. 

Sebaliknya, jika aku tak mencintaimu, tanpa kata-katapun kau juga kan tahu itu. Kau tak kan percaya, seandainya aku mengatakan beribu-ribu kata bahwa aku mencintaimu.. 

Kadang sandal bisa ganti’in sepatu. . . kadang lebah bisa ganti’in kupu-kupu. . . . 
tapi asal kamu tahu gak ada yang bisa ganti’in kamu di hati aku. . . .

cinta…..
terkadang aku merindukan kata itu..
namun kadang aku membencinya…
namun tanpa cinta,, berat rasanya kaki ini melangkah menapaki hidup yang entah sampai kapan……..
seandainya bisa ku memilih tuk tidak mengenal cinta
akan kubunag rasa ini dan tak ingin ku simpan.
namun…. Allah menciptakan aku untuk mengenal cinta..

cinta adalah jembatan untuk mencapai cita-cita

andaikan aku menjadi cinta.
aku akan pergi ke jalan hatimu.,

ohh..cinta andaikan engkau .,
.mau menjadi pendamping hidupku.,
aku akan menjadi yang terbaeek untuk mu.

kadang cinta itu
bukan kita melihat dari
luar lihatlah dari
dari dalam karena
yang kita inginkan
dari cinta hanya celana dalam hahahahhahahaa

Kadang Cnta membuat kita bahagia
sakan-akan milik berdua
saat cinta itu pergi
sungguh tersa sakit hatiku
kini aku hanya bisa pasrah pada sang kholik
aku percaya suatu saat kutemukan cinta sejatiku
namun sejak kepergianmu
aku takut untuk mencari penggantimu
karna namamu masih terukir dihatiku

setiap nafas adalah cinta…
tetapi cinta kadang tak memiliki nafas untuk bertahan…
kosong…hampa…..dan tiada berupa……….

Cinta itu anugrah yg indah bg semua umat manusia…
Tapi jodoh ketentuan Tuhan yg tak terbayangkan sebelumnya…

cinta’ bukan impian tapi harapan yg suatu saat akan menyenangkan seseorang. . .
cinta’ bukanlah sebuah puisi. . .tapi kata indah yg harus selalu di simpan dalam hati. . .
cinta itu suci. . .karna cinta di rasakan dari hati seseorang yg mengerti apa itu cinta sejati. cinta’memang sulit di gambarkan karna cinta punya perasaan. . .
cinta’ juga sulit di mengerti tapi selalu di nanti & di hargai. . .
perjalanan cinta ku selalu terukir kegagalan. . .
sampai aku sulit untuk membedakan mana yg salah & benar. . .
aku hanya manusia biasa yg masi belum mengerti apa arti cinta sejati. . .

denyut hatiku seakan berhenti. . .
ingin rasa’nya ku akhir’i hidup ini . . .
kisah cinta kita hanya sampai di sini. . .
bukan karna penghianat’an hati. . .
tapi karna kesadr’an diri…yg hanya bisa ku rasakan seorang diri. . .

sampe sekarang aku selalu bertanya tentang cinta sejati. . .
terkadang memang sulit untuk di mengerti. . .
karna cinta yg selalu ku rasakan’kan hanya indah di awal’nya saja. . .
itu semua udah jalan hidup’ku. . .yg mau tidak mau harus ku terima dengan lapang dada. . .
karna bagiku. . .
perjalanan cinta ada awal. . .& ada akhir’ada senang ada duka’senang ada duka’ada marah ada CINTA. . .

Aku selalu menyambut cinta yg baru masuk ke dalam kehidupan ku. . .
seperti aku menyambut pagi yg cerah. . .
yg berharap akan selalu berjalan baik untuk ke depan’nya. . .
namun semua itu sampai saat ini belum ku rasakan. . .

maaf aku hanya bisa menjawab pertanya’an mu lewat puisi ini. . .
terimakasi kau telah mengisi hari-hari’ku. . .
walaupun itu semua hanya sesa’at. . .
tapi aku bangga mengenal seorang wanita seperti’mu. . .
aku akan selalu ber do’a utnuk mu. . .
semoga kau dapat bersatu dengan cinta mu yg dulu. . .
sebelum kau mengenal aku. . .
by : ѼAnDre octa handoko

 di dalam luka ku,aku hanya mampu memeluk rasa & memeluk mimpi senja yg kelabu, meniti harapan yg tak terbalas,, kau buat aku tak yakin untuk melangkah,
kau beri aku segenggam luka, karena cinta yg kau beri pada’ku, tak sedikitit pun terlihat cahaya yg terang, kau bawa diri’ku ke suasana yg sepi,dan kau tinggalkan aku sendiri,kau,,buat cahaya pelangi ku menjadi api,biarlah semua kenagan yg selama ini ku lewati bersama’mu,maaf aku tak sanggup to menjalani cinta yg tiada arah,selamat berbahagia di atas luka ku,,,biar kan kata merangkai hati,,,di saat hati sedang sedih,,,trima kasi kau telah menjadi seseorang yg spesial di hati’ku,,,selamat jalan cinta,,,kan ku jadikan perjalanan cinta kita menjadi sebuah lukisan yg akan selalu ku lihat,,tapi tak akan pernah ku sentuh,,,
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar